Sejarah perkembangan Java
Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari
The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga
musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori
oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan
Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems.
Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan proyek berlangsung di sebuah
gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992
proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang
ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch
screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7”
(Star Seven).
Setelah era Star Seven selesai, sebuah
anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green
Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100
Hamilton Avenue, Palo Alto.
Perusahaan baru ini bertambah maju:
jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada
rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang
menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet
masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser)
Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai
Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan
rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk
pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti
dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury
News pada tanggal 23 Mei 1995.
Sayang terjadi perpecahan di antara
mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace.
Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun
Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang
tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini
tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah
terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya
menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari
biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.
Versi Awal
Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan
versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan
banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
·
java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
·
java.io: Peruntukan kelas input dan output,
termasuk penggunaan berkas.
·
java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas
kelas penanggalan.
·
java.net: Peruntukan kelas TCP/IP,
yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan
TCP/IP.
·
java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
·
java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada
penjelajah web.
Kelebihan
·
Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat
dijalankan di beberapaplatform / sistem operasi komputer, sesuai
dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan
kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah,
dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode)
sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa
perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan
diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft
Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft
Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris.
Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri
(yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
·
OOP (Object
Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya
semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan
salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data
diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat
memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi
kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan
terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa
pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi
antara komputer sekalipun.
·
Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan
kelengkapanlibrary/perpustakaan (kumpulan
program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan
dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan
perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang
terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh
kebutuhan pembangunan aplikasi.
·
Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa
pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java.
Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang
pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan
mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh
murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
·
Pengumpulan sampah otomatis,
memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak
perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa
C++ yang dipakai secara luas).
Kekurangan
·
Tulis sekali, perbaiki di mana saja – Masih ada
beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain.
Untuk J2SE, misalnyaSWT-AWT bridge yang
sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
·
Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan
dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena koe jadi Java
merupakanbytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat
tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga
terjadi padaMicrosoft .NET Platform.
Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit
disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
·
Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori
untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi
generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan
merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend
memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih
harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
Contoh Kode Program
Sederhana Dalam Java
Contoh program Halo dunia yang
ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java adalah sebagai berikut:
class HaloDunia
{
public static void main(String[] argumen)
{
System.out.println("Haloa");
}
}
Tahap Kompilasi Java
1.
Tulis / Ubah. Pemrogram menulis program dan menyimpannya di media dalam
bentuk berkas ‘.java’.
2.
Kompilasi. Pengkompilasi membentuk bytecodes dari program
menjadi bentuk berkas ‘.class’
3.
Muat. Pemuat kelas memuat bytecodes ke memori
4.
Verifikasi. Peng-verifikasi memastikan bytecodes tidak
mengganggu sistem keamanan Java
5.
Jalankan. Penerjemah menerjemahkan bytecodes ke bahasa
mesin
Pengertian Variabel dan Macam-Macam Variabel| Para ahli
mendefinisikan pengertian variabel dimana memilki beragam macam jenis variabel
dan contohnya. Dari berbagai hasil definisi para ahli mengenai pengertian
variabel, ditemukan Pengertian
Variabel yang sebenarnya, dimana secara umum,
Pengertian Variabel adalah suatu besaran yang dapat diubah atau
berubah sehingga dapat mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Dengan
penggunaan variabel, kita dapat dengan mudah memperoleh dan memahami
permasalahan.
Macam-Macam Pengertian Variabel - Pengertian variabel sangat bermacam-macam
bergantung dari mata pelajaran pengertian variabel dimaksudkan seperti dalam
mata pelajaran, sains, matematika, ilmu komputer, dan logika matematika.
Berikut pengertian variabel dari setiap macam-macam pelajaran antara lain
sebagai berikut..
- Dalam Sains, Pengertian variabel adalah objek penilitian. artinya segala sesuatu yang harus diteliti Variabel terdiri atas nama dan nilai atau dapat dikosongkan dan diisi nilainya.
- Dalam Matematika, Pengertian variabel adalah karakter atau abjad yang menggunakan jumlah yang belum ditentukan. Setiap variabel mengandung nilai. variabel dalam matematika memudahkan mengerjakan soal, terutama soal aljabar.
- Dalam Ilmu Komputer, Pengertian variabel adalah nama yang umumnya berupa abjad, karakter, atau kata yang mewakili beberapa nilai dalam memori komputer
- Dalam Logika Matematika, Pengertian variabel adalah salah satu simbol yang mewakili sebuah simbol
Macam-Macam Pengertian Variabel Menurut Definisi Para Ahli - Seperti yang telah
dikemukakan di awal, bahwa banyak para ahli yang telah mengemukakan pendapatnya
mengenai definisi variabel. Macam-macam pengertian variabel menurut definisi
para ahli antara lain sebagai berikut..
- Menurut F.N Kerlinger, Pengertian variabel adalah sifat yang diambil dari suatu nilai yang berlainan
- Menurut Sutrisno hadi, Pengertian variabel adalah objek penelitian yang bervariasi. Contohnya ukuran tinggi manusia yang divariasikan menjadi tingkatan umur, kelamin serta lokasi tempat tinggal manusia tersebut.
- Menurut Bagja Waluya, Pengertian variabel adalah konsep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen/penelitina (research).
- Menurut Tia Mutiara, Pengertian variabel adalah sesuatu yang menjadi fokus perhatian yang memberikan pengaruh dan mempunyai nilai (value).
- Menurut Sugiarto, Pengertian variabel adalah karakter yang dapat diobservasi dari unit amatan yang merupakan suatu pengenal atau atribut dari sekelompok objek. Maksud dari variabel tersebut adalah terjadinya variasi antara objek yang satu dengan objek yang lainnya dalam kelompok tertentu.
Macam-Macam Variabel dan Contohnya- Variabel terdiri dari
beberapa macam antara lain sebagai berikut..
- Variabel Independen (Variabel Bebas) adalah variabel yang mempengaruhi atau sebab perubahan timbulnya variabel terikat (dependen). Variabel Independen disebut juga dengan variabel perlakuan, kausa, risiko, variabel stimulus, antecedent, variabel pengaruh, treatment, dan variabel bebas. Dapat dikatakan variabel bebas karena dapat mempengaruhi variabel lainnya. Contoh Variabel Bebas (Independen) seperti "Pengaruh Terapi Musikterhadap Penurunan Tingkat Kecemasan",
- Variabel Despenden (Variabel Terikat) adalah variabel yang dipengaruhi, akibat dari adanya variabel bebas. Dikatakan sebagai variabel terikat karena variabel terikat dipengaruhi oleh variabel independen (variabel bebas). Variabel Despenden disebut juga dengan variabel terikat, variabel output, Konsekuen, variabel tergantung, kriteria, variabel terpengaruh, dan variabel efek. Contoh Variabel Terikat (Despenden) seperti Pengaruh Terapi Musik terhadap Penurun Tingkat Kecemasan
- Variabel Moderator adalah variabel yang mempengaruhi baik itu memperkuat atau memperlemah hubungan antara Variabel bebas dan terikat. Variabel Moderator juga disebut dengan Variabel Independen Kedua. Skema variabel moderator yaitu Variabel Bebas (Independen) - Moderator - Despenden. Contoh Variabel Moderator adalah Hubungan motivasi dan prestasi belajar akan semakin kuat bila peranan dosen dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik, dan hubungan semakin rendah bila peranan dosen kurang baik dalam menciptakan lingkungan belajar.
- Variabel Intervening adalah variabel yang mempengaruhi variabel bebas dan variabel terikat secara teoritis, tetapi tidak dapat diamati dan diukur. Variabel intervening merupakan variabel antara/penyela pada variabel bebas dan variabel terikat, sehingga variabel bebas tidak langsung mempengaruhi perubahan variabel terikat. Contoh Variabel Intervening adalah Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan kepuasan konsumen dan Loyalitas (Dependen)
- Variabel Kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat tidak terpengaruh oleh faktor luat yang tidak telitit. Variabel kontrol sering digunakan sebagai pemanding melalui penelitian eksperimental. Contoh Variabel Kontrol adalah Apakah perbedaan tenaga penjual (sales force) yang lulus D3 dan SI, maka terlebih dahulu harus ditetapkan variabel kontrol contohnya berupa gaji yang sama, peralatan yang sama, lingkungan kerja yang sama. Jadi, variabel kontrol memudahkan dalam menentukan perbedaan.
Tipe data adalah suatu
media atau memori pada komputer yang digunakan untuk menampung
Berikut adalah jenis
– jenis dari tipe data :
Tipe Data
|
Keterangan
|
Ukuran
|
Jangkauan
|
Char
|
Untuk
menyimpan karakte
|
1
byte
|
signed:
-128 to 127
unsigned: 0 to 255 |
Wchar_t
|
Untuk menyimpan karakter
lebar biasanya untuk unicode
|
2
byte
|
1
karakter lebar
|
Short
int (short)
|
Untuk
menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan pendek
|
2
byte
|
signed:
-32768 to 32767
unsigned: 0 to 65535 |
Int
|
Untuk menyimpan bilangan
bulat dengan jangkauan menengah
|
4
byte
|
signed:
-2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295 |
Long
int (long)
|
Untuk menyimpan bilangan
bulat dengan jangkauan panjang
|
4
byte
|
signed:
-2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295 |
Float
|
Untuk
menyimpan bilangan cacah
|
4
byte
|
3.4e
+- 38 (7 digit)
|
Double
|
Untuk
menyimpan bilangan cacah dengan ketelitian ganda
|
8
byte
|
1.7e
+- 308 (15 digits)
|
Long
double
|
Untuk
menyimpan bilangan cacah dengan ketelitian ganda lebih detail (panjang)
|
8
byte
|
1.7e
+- 308 (15 digits)
|
Bool
|
Untuk
pernyataan true or false
|
I
byte
|
True
or false
|
</ br>
VARIABEL
Variabel adalah suatu wadah yang digunakan untuk menampung nilai atau informasi. Nilai variabel dapat berubah-ubah ketika program dijalankan.
dengan kata lain
variabel adalah suatu memori dengan identitas tertentu untuk menampung nilai
atau informasi baik yang tetap maupun yang berubah – ubah.
Mendeklarasikan Variabel
Prosedur penerapan variabel dalam program utama haruslah dideklarasikan terlebih dahulu, pengertian deklarasi dalam pemrograman c++ adalah melakukan inisialisasi variabel dengan nama dan tipe data yang digunakan, sehingga nantinya dapat dikenali oleh program. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
Namun adakalanya dalam mendeklarasikan sebuah variabel langsung disertai dengan nilainya dan adakalanya yang tidak, sebagai contoh :
int
jumlah;
jumlah
= 10;
Dua pernyataan
seperti diatas sebenarnya dapat disingkat melalui pendefinisian yang disertai
penugasan nilai, sebagi berikut :
int
jumlah = 10;
Contoh :
Void
main(){
Int
a=2;
cout << “a= “< getch(); } |
|
|
Adalah suatu
identitas memori untuk menampung nilai atau informasi yang bersifat tetap dan
tidak dapat diubah ubah.
Contoh :
Contoh :
Void
main(){
|
Dalam program demo dibawah ini akan memberikan tambahan penjelasan tentang implementasi tipe data, variabel dan konstanta.
/**-----------------------------------------------------------
|
|
Program.cpp : inisialisasi variabel dengan nilai ditentukan
|
|
----------------------------------------------------------**/
|
|
#include <iostream.h>
|
|
#include <conio.h>
|
|
void main(){
|
|
int a = 100;
|
|
int b = 200;
|
|
|
|
cout<< "A
+ B = " <<a+b;
|
|
getch();
|
|
}
|
maka hasil
eksekusinya adalah sebagai berikut :
A
+ B = 300
Berikutnya memberikan
inisial terhadap variabel dengan suatu ungkapan juga diperkenankan, contoh :
float duaphi = 2* 3.14;
jadi nilai dari variabel tersebut diatas adalah hasil kali 2 dari
phi
contoh program :
maka akan menampilkan Isi duaphi = 6.28
Pembuatan variabel tidak selalu di bagian awal program, tapi boleh dimana saja sebelum dipanggil atau dioperasikan.
Contoh Program :
Konstanta
Berbeda dengan variabel, konstanta merupakan wadah yang dapat menyimpan nilai tetap selama eksekusi program. Untuk membedakan dengan variabel maka nama konstanta harus menggunakan huruf capital. C++ menyediakan 2 cara untuk membuat konstanta:
cara 1
Menggunakan keyword const
Contoh :
const float PHI = 3.14;
cara 2
Menggunakan #define
Contoh :
#define PHI 3.14
Keuntungan menggunakan #define apabila dibandingkan dengan const adalah kecepatan kompilasi, karena sebelum kompilasi dilaksanakan, kompiler pertama kali mencari symbol #define (oleh sebab itu mengapa # dikatakan prepocessor directive) dan mengganti semua Phi dengan nilai 3.14.
Contoh Program:
/*----------------------------------------------------
|
|
* Program.cpp :
|
|
* contoh program untuk mencari
|
|
* luas dan keliling lingkaran
|
|
* ----------------------------------------------------*/
|
|
#include <iostream.h>
|
|
#include <conio.h>
|
|
void main() {
|
|
clrscr();
|
|
const float PHI = 3.13;
|
|
float jari2, luas,
keliling;
|
|
cout
<< "Masukkan nilai Jari-jari : "; cin >>
jari2;
|
|
luas = 0.5 * PHI * jari2 *
jari2;
|
|
keliling
= 2 * PHI * jari2;
|
|
cout
<< "Luas Lingkaran : " << luas
<< endl;
|
|
cout
<< "Keliling Lingkaran : " << keliling;
|
|
getch();
|
|
}
|
Tipe Data
Borland C++ memiliki 7 tipe data dasar yang dapat digunakan, untuk lebih lengkapnya perhatikan tabel berikut:
Borland C++ memiliki 7 tipe data dasar yang dapat digunakan, untuk lebih lengkapnya perhatikan tabel berikut:
Untuk mengetahui
ukuran memori dari tipe data, anda dapat menggunakan fungsi sizeof
() seperti program di
bawah ini:
/*----------------------------------------------------
|
|
* Program.cpp :
|
|
* program untuk menentukan ukuran memori dari
|
|
* tipe data
|
|
*----------------------------------------------------*/
|
|
#include <iostream.h>
|
|
#include <conio.h>
|
|
void main() {
|
|
clrscr();
|
|
cout
<< "Ukuran char : " << sizeof(char) << endl;
|
|
cout
<< "Ukuran int : " << sizeof(int) << endl;
|
|
cout
<< "Ukuran long : " << sizeof(long) << endl;
|
|
cout
<< "Ukuran float : " << sizeof(float) << endl;
|
|
cout
<< "Ukuran double : " << sizeof(double) << endl;
|
|
cout
<< "Ukuran long double : " << sizeof(long double) << endl;
|
|
getch();
|
|
}
|
Sedangkan ulasan
mengenai jangkauan tipe data integer selengkapnya
ada disini :
Jangkauan tipe data Integer dan unsign integer
Tipe data yang berhubungan dengan bilangan bulat adalah char, int, long. Sedangkan lainnya berhubungan dengan bilangan pecahan.
Terdapat juga beberapa tipe data tambahan yang dimiliki oleh Borland C++. Tipe data tambahan ini diberi kata unsigned di depan nama tipe data.
Unsigned digunkana bila data yang digunakan hanya data yang positif saja. Berikut beberapa tipe data tambahan yang dapat Anda gunkana, diantaranya adalah:
Jangkauan tipe data Integer dan unsign integer
Tipe data yang berhubungan dengan bilangan bulat adalah char, int, long. Sedangkan lainnya berhubungan dengan bilangan pecahan.
Terdapat juga beberapa tipe data tambahan yang dimiliki oleh Borland C++. Tipe data tambahan ini diberi kata unsigned di depan nama tipe data.
Unsigned digunkana bila data yang digunakan hanya data yang positif saja. Berikut beberapa tipe data tambahan yang dapat Anda gunkana, diantaranya adalah:
Contoh
Program:
/*----------------------------------------------------
|
|
* Program.cpp :
|
|
* mendeklarasikan beberapa variabel dengan tipe
|
|
* data berbeda
|
|
*----------------------------------------------------*/
|
|
#include <iostream.h>
|
|
#include <iomanip.h>
|
|
#include <conio.h>
|
|
void main() {
|
|
clrscr();
|
|
char kar1 = 66; char kar2 = 'A';
|
|
char kar3[30] = "Stmik
El-Rahma Yogyakarta";
|
|
cout
<< "Isi kar1 = " << kar1
<< '\n';
|
|
cout
<< "Isi kar2 = " << kar2
<< '\n';
|
|
cout
<< "Isi kar3 = " << kar3
<< '\n';
|
|
int bil_int1 = 32767;
|
|
int bil_int2 = 32768;
|
|
int bil_int3 = -1;
|
|
unsigned int bil_int4 = -1;
|
|
cout
<< "Isi bil_int1 = " << bil_int1
<< '\n';
|
|
cout
<< "Isi bil_int2 = " << bil_int2
<< '\n';
|
|
cout
<< "Isi bil_int3 = " << bil_int3
<< '\n';
|
|
cout
<< "Isi bil_int4 = " << bil_int4
<< '\n';
|
|
float bil_f1 = 1.23e2; float bil_f2 = 123.0;
|
|
cout
<< "Isi bil_f1 = " << bil_f1
<< '\n';
|
|
cout
<< "Isi bil_f2 = " << bil_f2
<< '\n';
|
|
float bil_f3 = 56.0123456789123456789123456789;
|
|
double bil_d1 = 56.0123456789123456789123456789;
|
|
long double bil_ld = 56.0123456789123456789123456789;
|
|
cout
<< setprecision(20); //
mengatur presisi tampilan
|
|
cout
<< "Isi bil_f3 = " << bil_f3
<< '\n';
|
|
cout
<< "Isi bil_d1 = " << bil_d1
<< '\n';
|
|
cout
<< "Isi bil_ld = " << bil_ld
<< '\n';
|
|
getch();
|
|
}
|
PENGRTIAN OPERATOR
Pada bagian ini akan dibahas dua jenis operator yaitu
Computer Operator dan Data Entry Operator. Computer
Operator adalah operator yang
bertanggung jawab atas semua peralatan yang ada dalam sistem komputerisasi,
memeriksa dan mencoba komputer dan peralatan lain apakah dapat dipergunakan
sebagaimana mestinya dan menonfungsikan peralatan bila tidak dipergunakan,
membuat catatan tentang pelaksanaan jadwal kegiatan penggunaan komputer,
membuat backup dari sejumlah file yang ada dan pengawasan dari file backup
tersebut serta bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapihan ruang komputer.
Sedangkan Data Entry Operator bertugas melaksanakan input data dari sumber data
untuk diakses kedalam media komputer. Ia tidak boleh merangkap profesi
sebagai data controller.
Staff operator komputer yang sesungguhnya adalah orang yang bertanggung jawab untuk memantau dan mengendalikan sistem komputer sistem komputer terutama mainframe dalam suatu perusahaan atau organisasi (lihat penjelasan kelompok keempat pekerjaan di bidang teknologi informasi). Tanggung jawabnya meliputi masalah perangkat lunak dan masalah hardware, pemantauan batch processing, mempertahankan dan meningkatkan kinerja sistem dan ketersediaan online, menjaga semua sistem dan dokumentasi aplikasi, dan membantu personel dengan masalah komputer.
Operator tentu saja memerlukan ketrampilan dan pengalaman tertentu, harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan benar Harus bisa membaca dan menulis. Sudah jelas pekerjaan apapun selain operator juga harus perlu disiplin ilmu, pengalaman tertentu, serta ketrampilan tertentu karena pengetahuan yang kita dalami merupakan keahlian utama kita.
Syarat dan sertifikasi operator
Untuk sekedar menjadi staff komputer yang bertugas untuk mengoperasikan komputer tidak diperlukan sertifikasi, namun lebih membutuhkan pelatihan (saat kami menyusun tugas banyak di Google ditawarkan macam – macam pelatihan bagi staff operator komputer). Tapi untuk sertifiikasi staff komputer sendiri juga ada. Salah satu lembaga yang menawarkan sertifikasi untuk staff komputer itu adalah LSP Telematika. Syarat, ketentuan, jenis sertifikasi ada di dalam link yang kami berikan dibawah. Namun ada pula , Sertifikasi Oracle, berkaitan dengan tugas data entry operator .
Organisasi profesi dan kode etik operator
Untuk organisasi profesi khusus operator komputer di Indonesia sendiri masih belum ada. Untuk kode etik sendiri juga masih berdasar standar kompetensi operator yang dikeluarkan oleh Batlibang Kominfo.
Kalau kode etik umum:
Staff operator komputer yang sesungguhnya adalah orang yang bertanggung jawab untuk memantau dan mengendalikan sistem komputer sistem komputer terutama mainframe dalam suatu perusahaan atau organisasi (lihat penjelasan kelompok keempat pekerjaan di bidang teknologi informasi). Tanggung jawabnya meliputi masalah perangkat lunak dan masalah hardware, pemantauan batch processing, mempertahankan dan meningkatkan kinerja sistem dan ketersediaan online, menjaga semua sistem dan dokumentasi aplikasi, dan membantu personel dengan masalah komputer.
Operator tentu saja memerlukan ketrampilan dan pengalaman tertentu, harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan benar Harus bisa membaca dan menulis. Sudah jelas pekerjaan apapun selain operator juga harus perlu disiplin ilmu, pengalaman tertentu, serta ketrampilan tertentu karena pengetahuan yang kita dalami merupakan keahlian utama kita.
Syarat dan sertifikasi operator
Untuk sekedar menjadi staff komputer yang bertugas untuk mengoperasikan komputer tidak diperlukan sertifikasi, namun lebih membutuhkan pelatihan (saat kami menyusun tugas banyak di Google ditawarkan macam – macam pelatihan bagi staff operator komputer). Tapi untuk sertifiikasi staff komputer sendiri juga ada. Salah satu lembaga yang menawarkan sertifikasi untuk staff komputer itu adalah LSP Telematika. Syarat, ketentuan, jenis sertifikasi ada di dalam link yang kami berikan dibawah. Namun ada pula , Sertifikasi Oracle, berkaitan dengan tugas data entry operator .
Organisasi profesi dan kode etik operator
Untuk organisasi profesi khusus operator komputer di Indonesia sendiri masih belum ada. Untuk kode etik sendiri juga masih berdasar standar kompetensi operator yang dikeluarkan oleh Batlibang Kominfo.
Kalau kode etik umum:
·
Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer.
·
Sopan terhadap pelanggan, ingat pepatah “pembeli adalah raja”. Palanggan
juga pembeli, jadi pelayanan harus nomor 1. Jangan sampai pelanggan kabur hanya
gara-gara operatornya tidak ramah, jadi untuk para operator harus menjaga
kesopanan dan berusahalah mengenal pelanggan lebih dekat. Dengan begini
pelanggan akan lebih royal.
·
Harus Ontime, disiplin.
·
Izin tidak masuk, kalau ingin izin harus memberi tahu ,surat menyusul tidak
masalah.
·
Profesionalisme bagian kerja,job desc, tidak mencampur adukan masalah
pribadi ke pekerjaan.
·
Menghormati dan menaati segala peraturan yang diatur.
Kalau kode etik sebagai data entry operator:
·
seorang data entry operator harus menguasai ilmu secara mendalam di
bidangnya .
·
seorang data entry operator harus mampu mengkonvensi ilmu menjadi
keterampilan .
·
seorang data entry operator harus menjunjung tinggi etika dan intergritas
profesi .
·
seorang data entry operator harus bertanggung jawab dalm menjalankan tugas
seorang data entry .
·
seorang data entry operator harus menguasai materi yang diberikan dan
menyeleksi yang akan diinput.
Untuk operator data entry ada karena itu adalah salah satu profesi di bidang TI, mungkin ikut bergabung dalam Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia (PATI)
Apakah operator bisa disebut profesi? Kalau menurut kami, tergantung dari perspektif dari mana kita melihat, ada yang dapat disebut sebagai profesi tetapi ada yang hanya pekerjaan saja tanpa membutuhkan latar belakang pendidikan, sertifikat dan lainya.
MACAM-MACAM
OPERATOR DALAM PEMROGRAMAN KOMPUTER
1. ASSIGNMENT OPERATOR
Assignment operator (operator pengerjaan) menggunakan simbol titik dua
diikuti oleh tanda sama dengan (:=).
Contoh : A:=C;
Contoh : A:=C;
2. BINARY OPERATOR
Digunakan untuk mengoperasikan dua buah operand. Operand dapat berbentuk
konstanta ataupun variabel. Operator ini digunakan untuk operasi aritmatika
yang berhubungan dengan nilai tipe data integer dan real.
Operator
|
Operasi
|
Tipe operand
|
Tipe hasil
|
*
|
Perkalian
|
real,real
integer,integer
real,integer
|
real
integer
real
|
DIV
|
Pembagian bulat
|
integer,integer
|
integer
|
/
|
Pembagian real
|
real,real
integer,integer
real,integer
|
real
real
real
|
MOD
|
Sisa
pembagian
|
integer,integer
|
integer
|
+
|
Pertambahan
|
real,real
integer,integer
real,integer
|
real
integer
real
|
-
|
pengurangan
|
real,real
integer,integer
real,real
|
real
integer
real
|
Contoh : 15*5
hasilnya
75
20/3 hasilnya 6.6666666667E+00
20 div 3 hasilnya 6
20 mod 3 hasilnya 2
20/3 hasilnya 6.6666666667E+00
20 div 3 hasilnya 6
20 mod 3 hasilnya 2
3.
UNARY OPERATOR
Operator ini hanya menggunakan sebuah
operand saja. Dapat berupa unary minus dan unary plus. Unary minus digunakan
untuk menunjukkan nilai negatif, baik pada operang numerik real maupun integer.
Unaru plus adalah operator untuk memberai tanda plus.
Contoh : -5
+7
-2.5 +2.5
-2.5 +2.5
4. BITWISE OPERATOR
Digunakan untuk operasi bit per bit
pada nilai integer. Terdiri dari operator NOT, AND, OR, XOR, Shl, Shr.
5.
RELATIONAL OPERATOR
Relational operator digunakan untuk membandingkan
hubungan antara dua buah operand dan akan didapatkan hasil tipe boolean, yaitu
True atau False. Terdiri dari operator : =, <, >, <=, >=, <>
6. LOGICAL OPERATOR
Terdapat 4 buah logical operator yaitu
: NOT, AND, OR dan XOR. Operator ini bekerja dengan nilai-nilai logika, yaitu
True dan False.
7. SET OPERATOR
set Operator hanya digunakan untuk
operasi-operasi himpunan saja.
8. STRING OPERATOR
Digunakan untuk operasi string. Hanya
ada sebuah operator string saja, yaitu operator + yang digunakan untuk
menggabungkan dua buah nilai string.
Contoh
: Nama1 := ‘Arief ‘;
Nama2 := ‘Kurniawan’;
Nama3 := Nama1 + Nama2;
Nama2 := ‘Kurniawan’;
Nama3 := Nama1 + Nama2;
ARRAY
DAN RECORD
1. ARRAY
Array adalah tipe terstruktur yang terdiri dari
sejumlah komponen yang mempuyai tipe sama.
contoh
dari program Array :
program ayam_goreng;
uses crt;
var
i,b:byte;
jenis,kdjenis:array [1..50]of string;
banyak,jmlharga,harga:array [1..50]of real;
totb,ppn,totjml,total:real;
begin
clrscr;
writeln(‘Ayam Goreng Fried Chicken’);
writeln(‘========================’);
writeln(‘Kode Jenis potong Harga’);
writeln(‘=============================’);
writeln(‘D Dada 3000 ‘);
writeln(‘P Paha 2500 ‘);
writeln(‘S Sayap 1500 ‘);
writeln(‘=============================’);
write(‘Masukan Jumlah Jenis : ‘);readln(b);
for i:=1 to b do
begin
writeln;
writeln(‘Jenis Ayam ke- ‘,i);
writeln;
write(‘Jenis Ayam Bagian [D/P/S] :
‘);readln(kdjenis[i]);
write(‘Jumlah Beli / Potong : ‘);readln(banyak[i]);
end;
writeln; clrscr;
writeln(‘ PROGRAM AYAM GORENG FRIED CHICKEN’);
writeln(‘======================================================================’);
writeln(‘NO JENIS POTONG HARGA SATUAN BANYAK BELI
JUMLAH HARGA ‘);
JUMLAH HARGA ‘);
writeln;
totb:=0;
for i:=1 to b do
begin
if kdjenis[i]=’D’ then
begin
jenis[i]:=’Dada’;
harga[i]:=3000;
end
else if kdjenis[i]=’P’ then
begin
jenis[i]:=’Paha’;
harga[i]:=2500;
end
else if kdjenis[i]=’S’ then
begin
jenis[i]:=’Sayap’;
harga[i]:=1500;
end
else
begin
jenis[i]:=’Kepala’;
harga[i]:=1000;
end;
jmlharga[i]:=harga[i]*banyak[i];
totb:=totb+jmlharga[i];
ppn:=totb*0.1;
totjml:=totjml+banyak[i];
total:=totb+ppn
end;
for i:=1 to b do
begin
writeln(i:1,jenis[i]:9,harga[i]:14:0,banyak[i]:18:0,jmlharga[i]:19:0);
end;
writeln(‘=================================================================’);
writeln(‘ Jumlah Potong :
‘,totjml:2:0);
‘,totjml:2:0);
writeln(‘ Jumlah bayar :
‘,totb:2:0);
‘,totb:2:0);
writeln(‘ PPN 10 % :
‘,ppn:2:0);
‘,ppn:2:0);
writeln(‘ Total bayar :
‘,total:2:0);
‘,total:2:0);
readln;
end.
CONTOH ARRAY AGEN BUS
Program Harga_Tiket;
uses crt;
var np:array[1..50] of string;
jb:array[1..50] of real;
jbyr:array[1..50] of real;
jml,a:byte;
tot:real;
ask:char;
label
baru;
begin
baru:
clrscr;
textcolor(7);
writeln(‘AGEN BUS MALAM “LENGAH TENTREM”‘);
writeln;
write(‘Masukkan Jumlah Penumpang :
‘);readln(jml);
‘);readln(jml);
writeln;
for a:=1 to jml do
begin
writeln(‘Data Ke -’,a);
write(‘Nama Penumpang : ‘);readln(np[a]);
write(‘Jumlah Beli : ‘);readln(jb[a]);
end;
clrscr;
writeln(‘DATA PENJUALAN TIKET’);
writeln(‘AGEN BUS MALAM “LENGAH TENTREM”‘);
writeln(‘—————————————————-’);
writeln(‘No. Nama Penumpang Jumlah Beli
Jumlah Pembayaran’);
Jumlah Pembayaran’);
writeln(‘—————————————————-’);
for a:=1 to jml do
jbyr[a]:=jb[a]*25000;
for a:=1 to jml do
writeln(a:1,np[a]:10,jb[a]:10:0,jbyr[a]:27:3);
begin
writeln(‘—————————————————-’);
tot:=0;
tot:=tot+jbyr[a];
writeln(‘Total
Pembayaran Rp.’,tot:10:3);
Pembayaran Rp.’,tot:10:3);
writeln(‘—————————————————-’);
writeln;
write(‘Anda Ingin Memasukkan Data
Selanjutnya [Y/T] ? ‘);readln(ask);
Selanjutnya [Y/T] ? ‘);readln(ask);
if (ask=’Y')or(ask=’y') then goto baru;
end;
end.
Contoh Array data karyawan
uses crt;
var
nama:array[1..10]of string[20];
alamat:array[1..20]of string[30] ;
jml_gaji:array[1..20]of real;
i,j:byte;
begin
clrscr;
write(‘masukan jumlah Data :’);readln(j);
for i:=1 to j do
begin
writeln(‘data ke- ‘,i);
write(‘nama Karyawan :’);readln(nama[i]);
write(‘masukan Alamat :’);readln(alamat[i]);
write(‘jumlah Gaji
:’);readln(jml_gaji[i]);
:’);readln(jml_gaji[i]);
end;
clrscr;
writeln(‘ DATA GAJI KARYAWAN’);
writeln(‘======================================’);
writeln(‘No. Nama Karyawan Total Gaji ‘);
writeln(‘=======================================’);
for i:=1 to j do
begin
writeln(i:1,nama[i]:15,jml_gaji[i]:15:0);
end;
writeln(‘=======================================’);
readln
end.
2. RECORD
Sebuah record rekaman disusun oleh beberapa field. Tiap field berisi data dari
tipe dasar / bentukan tertentu. Record mempunyai kelebihan untuk menyimpan
suatu sekumpulan elemen data yang berbeda-beda tipenya (di banding array).
Contoh
Program :
program RECORD_INTRO;
type tanggal = record
bulan, hari, tahun : integer;
end;
var waktu : tanggal;
begin
waktu.hari :=25;
waktu.bulan:=09;
waktu.tahun:= 1983;
writeln('hari ini adalah
',waktu.hari,':',waktu.bulan,':', waktu.tahun)
end
program RECORD_INTRO;
type tanggal = record
bulan, hari, tahun : integer;
end;
var waktu : tanggal;
begin
waktu.hari :=25;
waktu.bulan:=09;
waktu.tahun:= 1983;
writeln('hari ini adalah
',waktu.hari,':',waktu.bulan,':', waktu.tahun)
end
TABEL-TABEL KODE ASCII
Tidak ada komentar:
Posting Komentar