Sabtu, 10 Oktober 2015

pemrograman dasar



Sejarah perkembangan Java

Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7” (Star Seven).
Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.
Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.
Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.
Versi Awal
Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
·         java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
·         java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
·         java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
·         java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
·         java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
·         java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
Kelebihan
·         Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapaplatform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft WindowsLinuxMac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
·         OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
·         Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapanlibrary/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
·         Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
·         Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).
Kekurangan
·         Tulis sekali, perbaiki di mana saja – Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnyaSWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
·         Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena koe jadi Java merupakanbytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi padaMicrosoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
·         Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
Contoh Kode Program Sederhana Dalam Java
Contoh program Halo dunia yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java adalah sebagai berikut:
class HaloDunia
{
    public static void main(String[] argumen)
    {
        System.out.println("Haloa");
    }
}
Tahap Kompilasi Java
1.      Tulis / Ubah. Pemrogram menulis program dan menyimpannya di media dalam bentuk berkas ‘.java’.
2.      Kompilasi. Pengkompilasi membentuk bytecodes dari program menjadi bentuk berkas ‘.class’
3.      Muat. Pemuat kelas memuat bytecodes ke memori
4.      Verifikasi. Peng-verifikasi memastikan bytecodes tidak mengganggu sistem keamanan Java
5.      Jalankan. Penerjemah menerjemahkan bytecodes ke bahasa mesin






Pengertian Variabel dan Macam-Macam Variabel| Para ahli mendefinisikan pengertian variabel dimana memilki beragam macam jenis variabel dan contohnya. Dari berbagai hasil definisi para ahli mengenai pengertian variabel, ditemukan Pengertian Variabel yang sebenarnya, dimana secara umum, Pengertian Variabel adalah suatu besaran yang dapat diubah atau berubah sehingga dapat mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Dengan penggunaan variabel, kita dapat dengan mudah memperoleh dan memahami permasalahan. 

Macam-Macam Pengertian Variabel - Pengertian variabel sangat bermacam-macam bergantung dari mata pelajaran pengertian variabel dimaksudkan seperti dalam mata pelajaran, sains, matematika, ilmu komputer, dan logika matematika. Berikut pengertian variabel dari setiap macam-macam pelajaran antara lain sebagai berikut.. 
  • Dalam Sains, Pengertian variabel adalah objek penilitian. artinya segala sesuatu yang harus diteliti Variabel terdiri atas nama dan nilai atau dapat dikosongkan dan diisi nilainya.
  • Dalam Matematika, Pengertian variabel adalah karakter atau abjad yang menggunakan jumlah yang belum ditentukan. Setiap variabel mengandung nilai. variabel dalam matematika memudahkan mengerjakan soal, terutama soal aljabar.
  • Dalam Ilmu Komputer, Pengertian variabel adalah  nama yang umumnya berupa abjad, karakter, atau kata yang mewakili beberapa nilai dalam memori komputer
  • Dalam Logika Matematika, Pengertian variabel adalah salah satu simbol yang mewakili sebuah simbol 
Macam-Macam Pengertian Variabel Menurut Definisi Para Ahli - Seperti yang telah dikemukakan di awal, bahwa banyak para ahli yang telah mengemukakan pendapatnya mengenai definisi variabel. Macam-macam pengertian variabel menurut definisi para ahli antara lain sebagai berikut.. 
  • Menurut F.N Kerlinger, Pengertian variabel adalah sifat yang diambil dari suatu nilai yang berlainan
  • Menurut Sutrisno hadi, Pengertian variabel adalah objek penelitian yang bervariasi. Contohnya ukuran tinggi manusia yang divariasikan menjadi tingkatan umur, kelamin serta lokasi tempat tinggal manusia tersebut.
  • Menurut Bagja Waluya,  Pengertian variabel adalah konsep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen/penelitina (research).
  • Menurut Tia Mutiara, Pengertian variabel adalah sesuatu yang menjadi fokus perhatian yang memberikan pengaruh dan mempunyai nilai (value).
  • Menurut Sugiarto, Pengertian variabel adalah karakter yang dapat diobservasi dari unit amatan yang merupakan suatu pengenal atau atribut dari sekelompok objek. Maksud dari variabel tersebut adalah terjadinya variasi antara objek yang satu dengan objek yang lainnya dalam kelompok tertentu.
 Macam-Macam Variabel dan Contohnya- Variabel terdiri dari beberapa macam antara lain sebagai berikut.. 
  • Variabel Independen (Variabel Bebas) adalah variabel yang mempengaruhi atau sebab perubahan timbulnya variabel terikat (dependen). Variabel Independen disebut juga dengan variabel perlakuan, kausa, risiko, variabel stimulus, antecedent, variabel pengaruh, treatment, dan variabel bebas. Dapat dikatakan variabel bebas karena dapat mempengaruhi variabel lainnya. Contoh Variabel Bebas (Independen) seperti "Pengaruh Terapi Musikterhadap Penurunan Tingkat Kecemasan", 
  • Variabel Despenden (Variabel Terikat) adalah variabel yang dipengaruhi, akibat dari adanya variabel bebas. Dikatakan sebagai variabel terikat karena variabel terikat dipengaruhi oleh variabel independen (variabel bebas). Variabel Despenden disebut juga dengan variabel terikat, variabel output, Konsekuen, variabel tergantung, kriteria, variabel terpengaruh, dan variabel efek. Contoh Variabel Terikat (Despenden) seperti Pengaruh Terapi Musik terhadap Penurun Tingkat Kecemasan
  • Variabel Moderator adalah variabel yang mempengaruhi baik itu memperkuat atau memperlemah hubungan antara Variabel bebas dan terikat. Variabel Moderator juga disebut dengan Variabel Independen Kedua. Skema variabel moderator yaitu Variabel Bebas (Independen) - Moderator - Despenden. Contoh Variabel Moderator adalah Hubungan motivasi dan prestasi belajar akan semakin kuat bila peranan dosen dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik, dan hubungan semakin rendah bila peranan dosen kurang baik dalam menciptakan lingkungan belajar.   
  • Variabel Intervening adalah variabel yang mempengaruhi variabel bebas dan variabel terikat secara teoritis, tetapi tidak dapat diamati dan diukur. Variabel intervening merupakan variabel antara/penyela pada variabel bebas dan variabel terikat, sehingga variabel bebas tidak langsung mempengaruhi perubahan variabel terikat. Contoh Variabel Intervening adalah Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan kepuasan konsumen dan Loyalitas (Dependen)
  • Variabel Kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat tidak terpengaruh oleh faktor luat yang tidak telitit. Variabel kontrol sering digunakan sebagai pemanding melalui penelitian eksperimental. Contoh Variabel Kontrol adalah Apakah perbedaan tenaga penjual (sales force) yang lulus D3 dan SI, maka terlebih dahulu harus ditetapkan variabel kontrol contohnya berupa gaji yang sama, peralatan yang sama, lingkungan kerja yang sama. Jadi, variabel kontrol memudahkan dalam menentukan perbedaan.
Tipe data adalah suatu media atau memori pada komputer yang digunakan untuk menampung 
Berikut adalah jenis – jenis dari tipe data :

Tipe Data
Keterangan
Ukuran
Jangkauan
Char
Untuk menyimpan karakte
1 byte
signed: -128 to 127
unsigned: 0 to 255
Wchar_t
Untuk menyimpan karakter lebar biasanya untuk unicode
2 byte
1 karakter lebar
Short int (short)
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan pendek
2 byte
signed: -32768 to 32767
unsigned: 0 to 65535
Int
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan menengah
4 byte
signed: -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
Long int (long)
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan panjang
4 byte
signed: -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
Float
Untuk menyimpan bilangan cacah
4 byte
3.4e +- 38 (7 digit)
Double
Untuk menyimpan bilangan cacah dengan ketelitian ganda
8 byte
1.7e +- 308 (15 digits)
Long double
Untuk menyimpan bilangan cacah dengan ketelitian ganda lebih detail (panjang)
8 byte
1.7e +- 308 (15 digits)
Bool
Untuk pernyataan true or false
I byte
True or false
</ br> 

VARIABEL
Variabel adalah suatu wadah yang digunakan untuk menampung nilai atau informasi. Nilai variabel dapat berubah-ubah ketika program dijalankan.
dengan kata lain variabel adalah suatu memori dengan identitas tertentu untuk menampung nilai atau informasi baik yang tetap maupun yang berubah – ubah.

Mendeklarasikan Variabel

Prosedur penerapan variabel dalam program utama haruslah dideklarasikan terlebih dahulu, pengertian deklarasi dalam pemrograman c++ adalah melakukan inisialisasi variabel dengan nama dan tipe data yang digunakan, sehingga nantinya dapat dikenali oleh program. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

Namun adakalanya dalam mendeklarasikan sebuah variabel langsung disertai dengan nilainya dan adakalanya yang tidak, sebagai contoh :
int jumlah;
jumlah = 10;
Dua pernyataan seperti diatas sebenarnya dapat disingkat melalui pendefinisian yang disertai penugasan nilai, sebagi berikut :
int jumlah = 10;
Contoh :
Void main(){ 
Int a=2;
cout << “a= “<
getch();
}

KONSTANTA 
Adalah suatu identitas memori untuk menampung nilai atau informasi yang bersifat tetap dan tidak dapat diubah ubah.


Contoh :
Void main(){ 
const a = 3.14;
cout << “a= “<
getch();
}

Dalam program demo dibawah ini akan memberikan tambahan penjelasan tentang implementasi tipe data, variabel dan konstanta.

/**-----------------------------------------------------------

Program.cpp : inisialisasi variabel dengan nilai ditentukan

----------------------------------------------------------**/

#include <iostream.h>

#include <conio.h>

void main(){

                int a = 100;

                int b = 200;

               

                cout<< "A + B = " <<a+b;

getch();

}

maka hasil eksekusinya adalah sebagai berikut :
A + B = 300

Berikutnya memberikan inisial terhadap variabel dengan suatu ungkapan juga diperkenankan, contoh :
float duaphi = 2* 3.14;
jadi nilai dari variabel tersebut diatas adalah hasil kali 2 dari phi

contoh program :

maka akan menampilkan Isi duaphi = 6.28

Pembuatan variabel tidak selalu di bagian awal program, tapi boleh dimana saja sebelum dipanggil atau dioperasikan.

Contoh Program :


Konstanta

Berbeda dengan variabel, konstanta merupakan wadah yang dapat menyimpan nilai tetap selama eksekusi program. Untuk membedakan dengan variabel maka nama konstanta harus menggunakan huruf capital. C++ menyediakan 2 cara untuk membuat konstanta:

cara 1
Menggunakan keyword const
Contoh :

const float PHI = 3.14;

cara 2
Menggunakan #define
Contoh :
#define PHI 3.14


Keuntungan menggunakan #define apabila dibandingkan dengan const adalah kecepatan kompilasi, karena sebelum kompilasi dilaksanakan, kompiler pertama kali mencari symbol #define (oleh sebab itu mengapa # dikatakan prepocessor directive) dan mengganti semua Phi dengan nilai 3.14.

Contoh Program:

/*----------------------------------------------------

* Program.cpp :

* contoh program untuk mencari

* luas dan keliling lingkaran

* ----------------------------------------------------*/

#include <iostream.h>

#include <conio.h>



void main() {

clrscr();

const float PHI = 3.13;

float jari2, luas, keliling;

cout << "Masukkan nilai Jari-jari : "; cin >> jari2;

luas = 0.5 * PHI * jari2 * jari2;

keliling = 2 * PHI * jari2;

cout << "Luas Lingkaran : " << luas << endl;

cout << "Keliling Lingkaran : " << keliling;

getch();

}

Tipe Data
Borland C++ memiliki 7 tipe data dasar yang dapat digunakan, untuk lebih lengkapnya perhatikan tabel berikut:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVKymwc93ttDhLn1G_5JaDhyJToR2pxyUrOlEgR5mVk4I9Rk3_MzX5p3kc8LK7nNGdOsqwUM4Tzhony_DwZsVCvSj7AvQqW8NKKiH-oY10AFzOl6flW6IxDr3fjqm4hyU_SF7mETuUnVY/s1600/Capture.PNG
Untuk mengetahui ukuran memori dari tipe data, anda dapat menggunakan fungsi sizeof () seperti program di bawah ini:

/*----------------------------------------------------

* Program.cpp :

* program untuk menentukan ukuran memori dari

* tipe data

*----------------------------------------------------*/



#include <iostream.h>

#include <conio.h>

void main() {

clrscr();

cout << "Ukuran char : " << sizeof(char) << endl;

cout << "Ukuran int : " << sizeof(int) << endl;

cout << "Ukuran long : " << sizeof(long) << endl;

cout << "Ukuran float : " << sizeof(float) << endl;

cout << "Ukuran double : " << sizeof(double) << endl;

cout << "Ukuran long double : " << sizeof(long double) << endl;

getch();

}
Sedangkan ulasan mengenai jangkauan tipe data integer selengkapnya ada disini :

Jangkauan tipe data Integer dan unsign integer
Tipe data yang berhubungan dengan bilangan bulat adalah char, int, long. Sedangkan lainnya berhubungan dengan bilangan pecahan.
Terdapat juga beberapa tipe data tambahan yang dimiliki oleh Borland C++. Tipe data tambahan ini diberi kata unsigned di depan nama tipe data.
Unsigned digunkana bila data yang digunakan hanya data yang positif saja. Berikut beberapa tipe data tambahan yang dapat Anda gunkana, diantaranya adalah:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHBi0sDX4W4-DriklxY1m4prXHnVO3ftyMs2CaQwWzcbZLZR61RRtQHNFod6Ya98ydsc9oax0Wx0Z8xfWSV5mSZPj5XJEcP7svb-4w8yH-oNQ_dDfD60hMAGYJo10BpOi4Pcefd1flnDc/s1600/Capture.PNG
Contoh Program:

/*----------------------------------------------------

* Program.cpp :

* mendeklarasikan beberapa variabel dengan tipe

* data berbeda

*----------------------------------------------------*/



#include <iostream.h>

#include <iomanip.h>

#include <conio.h>

void main() {

clrscr();

char kar1 = 66; char kar2 = 'A';

char kar3[30] = "Stmik El-Rahma Yogyakarta";

cout << "Isi kar1 = " << kar1 << '\n';

cout << "Isi kar2 = " << kar2 << '\n';

cout << "Isi kar3 = " << kar3 << '\n';

int bil_int1 = 32767;

int bil_int2 = 32768;

int bil_int3 = -1;

unsigned int bil_int4 = -1;

cout << "Isi bil_int1 = " << bil_int1 << '\n';

cout << "Isi bil_int2 = " << bil_int2 << '\n';

cout << "Isi bil_int3 = " << bil_int3 << '\n';

cout << "Isi bil_int4 = " << bil_int4 << '\n';

float bil_f1 = 1.23e2; float bil_f2 = 123.0;

cout << "Isi bil_f1 = " << bil_f1 << '\n';

cout << "Isi bil_f2 = " << bil_f2 << '\n';

float bil_f3 = 56.0123456789123456789123456789;

double bil_d1 = 56.0123456789123456789123456789;

long double bil_ld = 56.0123456789123456789123456789;

cout << setprecision(20); // mengatur presisi tampilan

cout << "Isi bil_f3 = " << bil_f3 << '\n';

cout << "Isi bil_d1 = " << bil_d1 << '\n';

cout << "Isi bil_ld = " << bil_ld << '\n';

getch();

}

PENGRTIAN OPERATOR

Pada bagian ini akan dibahas dua jenis operator yaitu  Computer Operator dan Data Entry OperatorComputer Operator adalah operator yang bertanggung jawab atas semua peralatan yang ada dalam sistem komputerisasi, memeriksa dan mencoba komputer dan peralatan lain apakah dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan menonfungsikan peralatan bila tidak dipergunakan, membuat catatan tentang pelaksanaan jadwal kegiatan penggunaan komputer, membuat backup dari sejumlah file yang ada dan pengawasan dari file backup tersebut serta bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapihan ruang komputer. Sedangkan Data Entry Operator bertugas melaksanakan input data dari sumber data untuk diakses kedalam media komputer.  Ia tidak boleh merangkap profesi sebagai data controller.

Staff operator komputer yang sesungguhnya adalah orang yang bertanggung jawab untuk memantau dan mengendalikan sistem komputer sistem komputer terutama mainframe dalam suatu perusahaan atau organisasi (lihat penjelasan kelompok keempat pekerjaan di bidang teknologi informasi). Tanggung jawabnya meliputi masalah perangkat lunak dan masalah hardware, pemantauan batch processing, mempertahankan dan meningkatkan kinerja sistem dan ketersediaan online, menjaga semua sistem dan dokumentasi aplikasi, dan membantu personel dengan masalah komputer.
 
Operator tentu saja memerlukan ketrampilan dan pengalaman tertentu,  harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan benar  Harus bisa membaca dan menulis. Sudah jelas pekerjaan apapun selain operator juga harus perlu disiplin ilmu, pengalaman tertentu, serta ketrampilan tertentu karena pengetahuan yang kita dalami merupakan keahlian utama kita.

Syarat dan sertifikasi operator

Untuk sekedar menjadi staff komputer yang bertugas untuk mengoperasikan komputer tidak diperlukan sertifikasi, namun lebih membutuhkan pelatihan (saat kami menyusun tugas banyak di Google ditawarkan macam – macam pelatihan bagi staff operator komputer). Tapi untuk sertifiikasi staff komputer sendiri juga ada. Salah satu lembaga yang menawarkan sertifikasi untuk staff komputer itu adalah LSP Telematika. Syarat, ketentuan, jenis sertifikasi ada di dalam link yang kami berikan dibawah. Namun ada pula , Sertifikasi Oracle, berkaitan dengan tugas data entry operator .

Organisasi profesi dan kode etik operator

Untuk organisasi profesi khusus operator komputer di Indonesia sendiri masih belum ada. Untuk kode etik sendiri juga masih berdasar standar kompetensi operator yang dikeluarkan oleh Batlibang Kominfo.
Kalau kode etik umum:


·                     Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer.
·                     Sopan terhadap pelanggan, ingat pepatah “pembeli adalah raja”. Palanggan juga pembeli, jadi pelayanan harus nomor 1. Jangan sampai pelanggan kabur hanya gara-gara operatornya tidak ramah, jadi untuk para operator  harus menjaga kesopanan dan berusahalah mengenal pelanggan lebih dekat. Dengan begini pelanggan akan lebih royal.
·                     Harus Ontime, disiplin.
·                     Izin tidak masuk, kalau ingin izin harus memberi tahu ,surat menyusul tidak masalah.
·                     Profesionalisme bagian kerja,job desc, tidak mencampur adukan masalah pribadi ke pekerjaan. 
·                     Menghormati dan menaati segala peraturan yang diatur.

Kalau kode etik sebagai data entry operator:


·                     seorang data entry operator harus menguasai ilmu secara mendalam di bidangnya .
·                     seorang data entry operator harus mampu mengkonvensi ilmu menjadi keterampilan .
·                     seorang data entry operator harus menjunjung tinggi etika dan intergritas profesi .
·                     seorang data entry operator harus bertanggung jawab dalm menjalankan tugas seorang data entry .
·                     seorang data entry operator harus menguasai materi yang diberikan dan menyeleksi yang akan diinput.

Untuk operator data entry ada karena itu adalah salah satu profesi di bidang TI, mungkin ikut bergabung dalam Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia (PATI)

Apakah operator bisa disebut profesi? Kalau menurut kami, tergantung dari perspektif dari mana kita melihat, ada yang dapat disebut sebagai profesi tetapi ada yang hanya pekerjaan saja tanpa membutuhkan latar belakang pendidikan, sertifikat dan lainya.
MACAM-MACAM OPERATOR DALAM PEMROGRAMAN KOMPUTER
1. ASSIGNMENT OPERATOR 
      Assignment operator (operator pengerjaan) menggunakan simbol titik dua diikuti oleh tanda sama dengan (:=). 
Contoh :   A:=C;

2. BINARY OPERATOR
     Digunakan untuk mengoperasikan dua buah operand. Operand dapat berbentuk konstanta ataupun variabel. Operator ini digunakan untuk operasi aritmatika yang berhubungan dengan nilai tipe data integer dan real.
Operator
Operasi
Tipe operand
Tipe hasil
*
Perkalian
real,real
integer,integer
real,integer
real
integer
real
DIV
Pembagian bulat
integer,integer
integer
/
Pembagian real
real,real
integer,integer
real,integer
real
real
real
MOD
Sisa pembagian
integer,integer
integer
+
Pertambahan
real,real
integer,integer
real,integer
real
integer
real
-
pengurangan
real,real
integer,integer
real,real
real
integer
real


Contoh : 15*5          hasilnya           75
         20/3          hasilnya           6.6666666667E+00 
         20 div 3      hasilnya           6 
         20 mod 3      hasilnya           2
3. UNARY OPERATOR
            Operator ini hanya menggunakan sebuah operand saja. Dapat berupa unary minus dan unary plus. Unary minus digunakan untuk menunjukkan nilai negatif, baik pada operang numerik real maupun integer. Unaru plus adalah operator untuk memberai tanda plus.
Contoh : -5        +7
         -2.5      +2.5
4. BITWISE OPERATOR
         Digunakan untuk operasi bit per bit pada nilai integer. Terdiri dari operator NOT, AND, OR, XOR, Shl, Shr.
5. RELATIONAL OPERATOR
        Relational operator digunakan untuk  membandingkan hubungan antara dua buah operand dan akan didapatkan hasil tipe boolean, yaitu True atau False. Terdiri dari operator : =, <, >, <=, >=, <>
6. LOGICAL OPERATOR
         Terdapat 4 buah logical operator yaitu : NOT, AND, OR dan XOR. Operator ini bekerja dengan nilai-nilai logika, yaitu True dan False.
7. SET OPERATOR
      set Operator hanya digunakan untuk operasi-operasi himpunan saja.


8. STRING OPERATOR
            Digunakan untuk operasi string. Hanya ada sebuah operator string saja, yaitu operator + yang digunakan untuk menggabungkan dua buah nilai string.


Contoh  :  Nama1 := ‘Arief ‘; 
           Nama2 := ‘Kurniawan’; 
           Nama3 :=  Nama1 + Nama2;
  ARRAY DAN RECORD

1. ARRAY
   Array adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen yang mempuyai tipe sama.

contoh dari program Array :
program ayam_goreng;
uses crt;
var
i,b:byte;
jenis,kdjenis:array [1..50]of string;
banyak,jmlharga,harga:array [1..50]of real;
totb,ppn,totjml,total:real;
begin
clrscr;
writeln(‘Ayam Goreng Fried Chicken’);
writeln(‘========================’);
writeln(‘Kode Jenis potong Harga’);
writeln(‘=============================’);
writeln(‘D Dada 3000 ‘);
writeln(‘P Paha 2500 ‘);
writeln(‘S Sayap 1500 ‘);
writeln(‘=============================’);
write(‘Masukan Jumlah Jenis : ‘);readln(b);
for i:=1 to b do
begin
writeln;
writeln(‘Jenis Ayam ke- ‘,i);
writeln;
write(‘Jenis Ayam Bagian [D/P/S] : ‘);readln(kdjenis[i]);
write(‘Jumlah Beli / Potong : ‘);readln(banyak[i]);
end;
writeln; clrscr;
writeln(‘ PROGRAM AYAM GORENG FRIED CHICKEN’);
writeln(‘======================================================================’);
writeln(‘NO JENIS POTONG HARGA SATUAN BANYAK BELI
JUMLAH HARGA ‘);
writeln;
totb:=0;
for i:=1 to b do
begin
if kdjenis[i]=’D’ then
begin
jenis[i]:=’Dada’;
harga[i]:=3000;
end
else if kdjenis[i]=’P’ then
begin
jenis[i]:=’Paha’;
harga[i]:=2500;
end
else if kdjenis[i]=’S’ then
begin
jenis[i]:=’Sayap’;
harga[i]:=1500;
end
else
begin
jenis[i]:=’Kepala’;
harga[i]:=1000;
end;
jmlharga[i]:=harga[i]*banyak[i];
totb:=totb+jmlharga[i];
ppn:=totb*0.1;
totjml:=totjml+banyak[i];
total:=totb+ppn
end;
for i:=1 to b do
begin

writeln(i:1,jenis[i]:9,harga[i]:14:0,banyak[i]:18:0,jmlharga[i]:19:0);
end;
writeln(‘=================================================================’);
writeln(‘ Jumlah Potong :
‘,totjml:2:0);
writeln(‘ Jumlah bayar :
‘,totb:2:0);
writeln(‘ PPN 10 % :
‘,ppn:2:0);
writeln(‘ Total bayar :
‘,total:2:0);
readln;
end.



CONTOH ARRAY AGEN BUS
Program Harga_Tiket;
uses crt;
var np:array[1..50] of string;
jb:array[1..50] of real;
jbyr:array[1..50] of real;
jml,a:byte;
tot:real;
ask:char;
label
baru;
begin
baru:
clrscr;
textcolor(7);
writeln(‘AGEN BUS MALAM “LENGAH TENTREM”‘);
writeln;
write(‘Masukkan Jumlah Penumpang :
‘);readln(jml);
writeln;
for a:=1 to jml do
begin
writeln(‘Data Ke -’,a);
write(‘Nama Penumpang : ‘);readln(np[a]);
write(‘Jumlah Beli : ‘);readln(jb[a]);
end;
clrscr;
writeln(‘DATA PENJUALAN TIKET’);
writeln(‘AGEN BUS MALAM “LENGAH TENTREM”‘);

writeln(‘—————————————————-’);
writeln(‘No. Nama Penumpang Jumlah Beli
Jumlah Pembayaran’);

writeln(‘—————————————————-’);
for a:=1 to jml do
jbyr[a]:=jb[a]*25000;
for a:=1 to jml do

writeln(a:1,np[a]:10,jb[a]:10:0,jbyr[a]:27:3);
begin

writeln(‘—————————————————-’);
tot:=0;
tot:=tot+jbyr[a];
writeln(‘Total
Pembayaran Rp.’,tot:10:3);

writeln(‘—————————————————-’);
writeln;
write(‘Anda Ingin Memasukkan Data
Selanjutnya [Y/T] ? ‘);readln(ask);
if (ask=’Y')or(ask=’y') then goto baru;
end;
end.




Contoh Array data karyawan
uses crt;
var
nama:array[1..10]of string[20];
alamat:array[1..20]of string[30] ;
jml_gaji:array[1..20]of real;
i,j:byte;
begin
clrscr;
write(‘masukan jumlah Data :’);readln(j);
for i:=1 to j do
begin
writeln(‘data ke- ‘,i);
write(‘nama Karyawan :’);readln(nama[i]);
write(‘masukan Alamat :’);readln(alamat[i]);
write(‘jumlah Gaji
:’);readln(jml_gaji[i]);
end;
clrscr;
writeln(‘ DATA GAJI KARYAWAN’);

writeln(‘======================================’);
writeln(‘No. Nama Karyawan Total Gaji ‘);

writeln(‘=======================================’);
for i:=1 to j do
begin
writeln(i:1,nama[i]:15,jml_gaji[i]:15:0);
end;

writeln(‘=======================================’);
readln
end.


2. RECORD
     Sebuah record rekaman disusun oleh beberapa field. Tiap field berisi data dari tipe dasar / bentukan tertentu. Record mempunyai kelebihan untuk menyimpan suatu sekumpulan elemen data yang berbeda-beda tipenya (di banding array).

Contoh Program :
program RECORD_INTRO;
type tanggal = record
bulan, hari, tahun : integer;
end;
var waktu : tanggal;
begin
waktu.hari :=25;
waktu.bulan:=09;
waktu.tahun:= 1983;
writeln('hari ini adalah
',waktu.hari,':',waktu.bulan,':', waktu.tahun)
end



TABEL-TABEL KODE ASCII
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXrIDZmtZRFihtJ9jiZXFdSxAvDB644YPHH9zL6X3uqlH20PgNkEfKcT8PF4ZFn2YKaDPJXOTQ8pznHyK1Qq0FW2l0PbmCrXs_A5Vl84yBvMWKVuTNO09ZHWK86VepSZA_tZEa5HBJ6hox/s1600/ASCII-755562.JPG
http://lohninger.eu/helpcsuite/img/asciitab.gif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar